Formasi dan Strategi Bermain Futsal Beserta Tipsnya

Permainan futsal sangat mengandalkan kemampuan tehnik dan futsal formation yang tinggi dari masing-masing pemain tanpa terkecuali.Tehnik individu digabungkann secara kolektif untuk menjalankan sebuah taktik dan strategi  yang terlatih dn terkonsep.

Didalam suatu tim harus memilliki prinsip dan pedoman yang dipegang  teguh ketika menerapkan futsal formation.Tingkat kebugaran dan kesiapan mental bertanding menjadi kunci utama menghadapi sebuah pertandingan apabila suatu tim tidak mempersiapkan mental saat menghadapi sebuah pertandingan maka formasi yang sudah sering dilakukan dalam latihan tidak akan berguna pada saat berjalannya pertandingan.
 
Secara teknis, pola permainan futsal sebuah tim selalu berubah-ubah setiap detiknya, mengikuti transisi dari bertahan menjadi menyerang atau sebaliknya bahkan terkadang malah menjadi berantakan si pemain tidak tahu harus berada di posisi mana sehingga menyebabkan si pemain menjadi linglung pada  saat bermain. Nah,hal inilah yang harus diperhatikan setiap pemain dalam menjaga konsentrasi  bermain agar tidak melakukan kesalahn pada saat bertanding.

Aneka Formasi Dalam Permainan Futsal

Formasi Futsal Terkini

sebelum memasuki materi strategi, kita tentukan dahulu formasi mana yang akan jika gunakan lebih baik memilih formasi yang mudah di pahamioleh pemain

Formasi 2-2

formasi ini adalah formasi dengan 2 pemain belakang dan 2 pemain depan, gunannya adalah untuk penyeimbang permainan. saat menyerang, pemain belakang bisa maju 1 orang untuk membantu serangan, demikian sebaliknya, saat bertahan, 1 orang pemain depan dapat mundur untuk membantu pertahanan. formasi ini banyak digunakan tim saat bermain futsal biasa,

Formasi 1-2-1

formasi dengan 1 pemain belakang, 2 pemain tengah, dan 1 pemain depan. tujuan dari formasi ini adalah untuk menguasai lini tengah lapangan yang berimbas pada kemudahan supply bola dari tengah ke depan dan menghalau serangan dari tengah lapangan.
 

Formasi 2-1-1

2 pemain belakang, 1 pemain tengah, dan 1 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan pertahanan kuat, saat menyerang, pemain bertahan dapat maju ke depan membantu serangan

Formasi 1-1-2

1 pemain belakang, 1 pemain tengah, 2 pemain depan. cukup efektif bagi tim yang memerlukan penyerangan yang kuat, dan memungkinkan untuk mencetak banyak angka jika diterapkan dengan baik.

Dan yang biasa saya gunakan di tim saya mungkin sedikit aneh dan asing bagi diri kalian

Formasi 3-1

3 pemain belakang, 1 pemain penyerang. Cukup efektif bagi tim yang selalu mengalami tekanan, mungkin akan mendapat pertahanan yang kuat, kekurangan dalam formasi ini pada saat menyerang 1 penyerang harus menunggu supply bola dan cover pemain lain

Formasi 1-3

1 pemain belakang, 3 pemain penyerang. Biasa di gunakan saat tim tertinggal atau sedang bebas menyerang, memungkinkan mendapat banyak angka, banyak kekurangan di formasi ini saat tim lawan menyerang balik 1 pemain belakang harus berkerja ekstra menghalau bola. 

Aneka Strategi Dalam Permainan Futsal

Strategi Melebar

Strategi ini sangat baik untuk diterapkan pada formasi 2-2, karena setiap pemain bisa melebar ke empat sudut lapangan yang memainkan bola dengan operan di samping lapangan, keuntungan dari formasi ini :
  1. Para pemain tidak terlalu menggerombol di tengah lapangan.
  2. Dengan operan-operan ke samping, pemain lawan akan pontang-panting mengejar bola. hal itu bisa berdampak pada kelelahan pemain lawan.
  3. Saat pemain depan sudah mulai masuk ke daerah lawan, pemain belakan bisa maju dan masuk ke sisi tengah untuk melakukan tindakan berikutnya. bisa melakukan tembakan luangsung, atau mengobrak-abrik pertahanan.

Akan tetapi, strategi ini memiliki kelemahan yaitu saat lawan berhasil memotong operan kita, mereka dapat dengan mudah melakukan dribbling deri tengah ke depan kotak penalty, melakukan tembakan langsung dari tengah, atau memberikan umpan langsung ke depan gawang. jika hal ini terjadi, maka pemain belakang harus sigap menghadang lawan di tengah.

Strategi Bergerombol

Strategi ini diterapkan saat menghadapi lawan dengan pertahanan yang kuat. 3 orang bergerombol di sekitar kotak penalty lawan dan 1 orang dibelakang untuk berjaga. saat kalian sudah memeasuki daerah lawan, akan sangat mudah bagi kalian untuk mengoper teman kalian, dan mudah juga bagi kalian untuk melancarkan tembakan, karena seandainya diblok oleh kiper lawan, akan ada banyak teman kalian yang akan menyambut bola muntahan tersebut.
 
Strategi ini memiliki kelemahan, yaitu saat serangan kalian dibendung lawan. kemudian lawan melancarkan counter attack. cukup beresiko membuat gawang kalian kebobolan, oleh karena itu saat lawan melakukan counter attack, maka 1 orang yang dibelakang sebisa mungkin menahan serangan dan 3 orang didepan cepat-cepat mundur untuk bertahan.

Strategi Total Football

semua pemain dari segala posisi melakukan serangan, karena menurut strategi Total Football "menyerang adalah pertahanan terbaik." tak ada salahnya menerapkan total Football dalam futsal, hanya saran saya dalam menerapkan strategi yang satu ini jangan disamakan dengan strategi bergerombol, 2 orang didepan melakukan serangan dan 2 pemain ikut membantu dibelakangnya. keunggulan strategi ini yah, serangan menjadi lebih kuat karena semua pemain ikut menyerang, kelemahannya mungkin saat lawan melakukan counter attack.

Strategi Tika-Tiki

strategi umpan pendek yang dilakukan dengan teratur dan tenang. saat bola berada di pemain tengah dan ditengah lapangan, pemain-pemain lain ikut bergerak mencari posisi untuk menyerang sehingga bola sudah ada disekitar kotak penalty lawan (dalam futsal). strategi ini banyak diterapkan tim-tim futsal yang berlaga di turnamen-turnamen, dan juga diterpkan saat sparing.
 
Mengenai kelebihan strategi ini, pemain dapat berman lebih tenang, dan bila diterpkan dengan baik, tim kalian akan memiliki persentase ball possession lebih banyak daripada lawan, yang tentu bisa mmebuat lawan frustasi kalau lawan kalian tidak sabaran. mengenai kelemahan, saya belum bisa memberitahu soalnya setahu saya sampai saat ini belum ada tim yang bisa mematahkan strategi Tika-Tiki mungkin Total Football kelemahannya   hehehehehe……
 

Strategi Negative Football

Strategi ini ditererapkan saat tim kita unggul 2 angka/lebih dari lawan (2-0, 3-0, dsb....). untuk mendapatkan keunggulan angka tersebut, kita harus melakukan serangan terbaik di awal pertandingan untuk mencetak angka, atau memanfaatkan kelengahan lawan di awal pertandingan untuk merebut angka. saat unggul 2 angka/lebih, 3 pemain menggerombol di kotak penalty untuk bertahan sekaligus menutupi gawang. 1 pemain di tengah untuk menahan arus bola dari daerah lawan ke tengah/ daerah tim kalian. strategi ini bermanfaat saat kalian menghadapi lawan dengan tempo permainan cepat, operan-operan teratur, atau yang menggunakan strategi Tika-Tiki.

Setelah kalian mengetahui formasi dan Strategi dalam permainan futsal. Dan tidak salahnya kalian juga baca tips - tips bermain futsal seperti yang dipaparkan dibawah ini

Tips Bermain Futsal

Kerjasama Dalam Bertanding

Disaat bertanding jangan tearlalu lama memegang bola terkecuali kamu mempunyai strategi yang pasti sehingga langsung dapat merobek jala lawan apabila kamu tidak mempunyai strategi seperti itu atau tidak yakin sebaiknya berikan operan passing pada temanmu yang sedang dalam posisi tidak terjaga.Lakukan passing cepat karena lapangan futsal tidak sebesar ukuran lapangan sepak bola ruang dalam lapangan futsal sangatlah taerbatas begitu juga dengan waktu pertandingan 2 X 20 menit.Utamakan kerjasama tim agar kelompok kalian bisa melakukan pressing sehingga menyebabkan lawan agak sedikit tertekan.

Kecepatan dan Kelincahan

Apa yang dibutuhkan dari futsal? Kecepatan dan kelincahan jelas menjadi salah satu jawaban yang layak dikedepankan. Bermain futsal mengajari kita untuk: Cepat bergerak dan berlari, beraksi, bereaksi, membuat keputusan, antisipasi, mengubah arah pergerakan, melakukan serangan balik, sekaligus bertahan dan menyerang.

Stamina Prima

Lapangan yang digunakan untuk bermain futsal memang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Tapi percayalah, waktu 2 X 20 menit yang disediakan dalam permainan bakal banyak menguras tenaga dan membuat napas Kita tersengal-sengal karena kelelahan. Itu karena Kita dipaksa bergerak terus menerus!

Pantulan Bola

Di permainan sepakbola lapangan standar, bola yang digunakan berukuran 5. Di futsal, Kamu akan menggunakan bola yang berukuran lebih kecil, nomor 4. Bola ini memiliki ukuran keliling 62-64 cm dan mempunyai berat 390-430 gram.

Namun, dibandingkan bola berukuran sama yang digunakan untuk bermain sepakbola lapangan standar, bola futsal dikurangi daya pantulnya. Toleransi daya pantul bola futsal adalah 55-65 cm pada pantulan pertama. Singkatnya, lebih berat untuk ditendang!

Demikianlah artikel kali ini yang membahas Formasi dan strategi bermain futsal beserta Tipsnya. Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Tidak ada komentar untuk "Formasi dan Strategi Bermain Futsal Beserta Tipsnya"