Langkah-langkah Melatih Mental Pemain Futsal

Banyak orang bilang sangatlah sulit melatih mental pemain jika dibandingkan dengan melatih fisik. Secara pribadi sih saya kurang sependapat akan hal tersebut karena dari pengalaman saya selama menangani tim, saya lebih senang mengawali schedule latihan tim saya dengan melatih mental terlebih dahulu. Mengapa demikian? karena jika mental pemain sudah terbentuk dengan baik, maka melanjutkan ke program latihan yang selanjutnya akan lebih mudah.


Pelatih yang sedang melatih mental pemain futsal

Berikut adalah Langkah-langkah melatih mental pemain yang saya terapkan kepada para pemain saya antara lain:
  1. Buatlah mereka senang dengan kita dan dengan apa yang akan kita berikan. karena kesenangan merupakan awal yang bagus untuk mengawali sesuatu.
  2. Jadilah keluarga bagi mereka, dengan artian buatlah mereka nyaman mengikuti program kita, ada di sekitar kita baik di dalam lapangan atau di luar lapangan dengan tujuan agar mereka tidak sungkan, malu atau malu kepada kita.
  3. Kita diharuskan mempunyai wibawa yang bisa diakui oleh mereka dan harus tegas dalam segala hal.
  4. Sisipkan sikap sportif dan disiplin kepada mereka sejak awal. cara ini bisa kita lakukan dengan cara yang lebih mudah misalkan “setiap anak yang berkata kotor di luar atau dalam lapangan dikenakan hukuman tertentu misalkan: push up, lari danlain sebagainya. nah.. dari sini selain kita mengajari mereka, kita juga sekaligus bisa mendidik mereka.
  5. Sering-sering memberi mereka semacam suntikan mental yang positif (tergantung cara kita masing-masing).
  6. Saat situasi sudah mulai sedikit mengendor berikan mereka pressing mental dengan pemain yang mempunyai mental paling bagus sebagai tumbal. tentunya kita harus tau porsi dari masing-masing mental mereka, karena perhitungan porsi mental pemain yang salah saat kita mempressing mental malah akan memberi dampak negatif pada mental mereka.
    Ikat mereka dengan peraturan-peraturan lapangan yang kita buat tanpa memberatkan mereka tapi membuat mereka patuh dan akhirnya terbiasa.

Itulah sedikit banyak teknik yang sering digunaka para pelatih futsal dalam menangani tim. sebenarnya intinya gampang jika ingin melatih mental pemain. Tunjukkan kepada mereka sejak awal, berikan mereka, katakan kepada mereka “tidaklah banyak yang saya minta kepada kalian, cukup 2 hal SPORTIF DAN DISIPLIN”.

 
Intinya gampang kan..?

Cuma disiplin dan sportif.

Sedikit lagi saran dari saya “jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal kita harus IKHLAS dan tujuan kita hanya satu yaitu MEMAJUKAN MEREKA

Semoga postingan kali ini yang mengenai "Langkah - Langkah Melatih Mental Pemain Futsal ". Semoga bermanfaat buat kalian semua dan Blog ini menjadi panduan dalam Melatih Futsal.

Salam Olahraga

1 komentar untuk "Langkah-langkah Melatih Mental Pemain Futsal"

  1. BONUS ROLLINGAN PERMAINAN LIVE CASINO & SLOT SAMPAI DENGAN 1%
    - Bonus Rollingan Diberikan Kepada Pemain yang Aktif Bermain.
    - Bonus Rollingan Diberikan, Dengan Perhitungan Valid Bet x Bonus Rollingan ( 0.5 - 1% )
    - Perhitungan Bonus Dihitung Berdasarkan Level Pemain yaitu :
    • Regular Member = 0.5%
    • Silver Member = 0.6%
    • Gold Member = 0.7%
    • Platinum Member = 1%
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #slotbolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus

Posting Komentar