Tehnik Kontrol Bola

Untuk mengontrol bola kita bisa menggunakan beberapa bagian tubuh kita seperti:

Kaki

Kaki paling baik digunakan untuk bola di  permukaan tanah (jenis bola yang paling mudah diterima). Hal yang harus diperhatikan: Bagian dari kaki yang digunakan untuk menerima bola adalah bagian yang berdekatan dengan bola atau bahkan bersentuhan langsung saat diterima, intensitas pressure lawan terhadap si penerima bola, dan arah yang diinginkan si penerima setelah menerima bola, yaitu:

Kaki bagian dalam

Mengontrol Bola Menggunakan kaki bagian DalamTeknik yang paling sering digunakan menerima bola; teknik seperti ini sangat umum digunakan ketika si penerima mendapatkan pressure dari lawan dan dituntut harus bermain aman; Untuk menerima bola di bagian tengahnya gunakan kaki bagian tengah dengan telapak kaki dimiringkan agar bola tidak memantul, tumit diangkat (jari-jari kaki diangkat ke atas) untuk mencegah bola terlepas dari penguasaan dan posisi kaki yang menerima bola berada di depan kaki yang tidak menerima bola (posisinya dibengkokan);
 

Kaki bagian luar:

Biasanya digunakan ketika pressure dari pemain bertahan lawan datang dari belakang si penerima. Respon seperti itu membantu membangun serangan balik yang cepat, masalah paling utama menggunakan kaki bagian luar adalah jika tekniknya kurang dikuasai maka beresiko mengundang cedera pada lutut.

Baca Juga : Formasi dan Strategi Bermain Futsal.

Bagian telapak kaki:

Teknik ini digunakan ketika si penerima bermain di wilayah pertahanan (dekat dengan gawang), dia ingin memberikan waktu bagi pemain belakang untuk mendekati gelandang atau bagi penyerang agar gelandang segera menekan dan menutup ruang . Ada 3 keadaan menguntungkan jika menggunakan teknik seperti ini : (1) Memberikan waktu yang cukup bagi pemain lain untuk menutup ruang/jarak dengan penyerang, (2) Overlapping, (3) Membangun keseimbangan posisi sebelum menentukan keputusan apakah memutar kemudian menembak atau menunggu kemudian memberikan bola kepada pemain lain yang berlari dari belakang; ingat poin penting ini; bagian kaki yang menerima harus sejauh mungkin dari pressure lawan; si penerima membengkokan dadanya, lengan diangkat setinggi bahu untuk menghalau pressure lawan; lutut yang tidak menerima bola harus dibengkokan; dan keseimbangan tubuh harus dijaga terhadap pressure lawan.


Baca Juga : Latihan Penguasaan Bola
 

Paha

(Digunakan untuk menerima bola yang datangnya lebih tinggi daripada lutut tetapi lebih rendah daripada pinggang). Paha si penerima harus menghadap bola ketika datang dan bergerak maju untuk menyongsong bola; kaki diangkat dan dibengkokan 60 derajat, otot paha menjadi rileks sehingga bola yang diterima akan meluncur mulus ke tanah.


Baca Juga : Tips Pemanasan Sebelum Bermain Futsal

Dada

(Bagian dari tubuh yang biasanya digunakan untuk menerima bola yang datangnya lebih tinggi daripada pinggang tetapi tidak dapat dijangkau oleh kaki). Si penerima membusungkan dadanya ketika di udara kemudian melepaskannya sesaat setelah menyentuh bola; dada diposisikan menghadap langit untuk mengantisipasi jika penerimaan bola kurang baik, diharapkan bola akan memantul kemudian jatuh ke lapangan ketika sentuhan kedua.

Baca Juga : Materi latihan Futsal

Kepala

(Tidak lumrah untuk menguasai bola menggunakan kepala, karena akan mengakibatkan hal yang tidak diharapkan seperti serangan balik). Pemain menggunakan kepala khususnya bagian dahi dengan posisi leher yang kokoh sebelum bola diterima; bola akan berada pada penguasaan penuh; si pemain mengikuti bola dengan matanya dan menunggu bola jatuh ke tanah sebelum kemudian di-dribling atau ditendang.

Baca juga : Menu Latihan Kiper Futsal

Demikianlah materi kali ini mengenai "Tehnik Kontrol Bola". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Salam Olahraga 

1 komentar untuk "Tehnik Kontrol Bola"

  1. BONUS ROLLINGAN PERMAINAN LIVE CASINO & SLOT SAMPAI DENGAN 1%
    - Bonus Rollingan Diberikan Kepada Pemain yang Aktif Bermain.
    - Bonus Rollingan Diberikan, Dengan Perhitungan Valid Bet x Bonus Rollingan ( 0.5 - 1% )
    - Perhitungan Bonus Dihitung Berdasarkan Level Pemain yaitu :
    • Regular Member = 0.5%
    • Silver Member = 0.6%
    • Gold Member = 0.7%
    • Platinum Member = 1%
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #slotbolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus

Posting Komentar